MANFAAT MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
MANFAAT MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
1. Pengertian Manajemen Layanan Sistem Informasi
Manajemen
Layanan Sistem Informasi adalah suatu metode yang mengelola Sistem Informasi
(SI) dan secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan Sistem
Informasi terhadap bisnis perusahaan.
Manajemen
Layanan Sistem Informasi itu berfokus pada proses dan Manajemen Layanan Sistem
Informasi tersebut memiliki peminatan yang sama dengan kerangka kerja dan
metodologi gerakan perbaikan proses seperti Six Sigma, ERP, dan sebagainya.
Disiplin tersebut tidak memperdulikan detail penggunaan produk suatu pemasok
tertentu atau detail teknis suatu sistem yang dikelola oleh Manajemen Layanan
Sistem Informasi, melainkan disiplin tersebut memfokuskan pada upaya penyediaan
kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas yang terkait dengan sistem
informasi dan interaksi antara personel teknis Teknologi Informasi dengan
pengguna Teknologi Informasi.
Manajemen Layanan Sistem Informasi itu pada
umumnya menangani masalah tentang operasional manajemen sistem informasi, bukan
pada pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya pada proses pembuatan software komputer untuk dijual bukanlah fokus
dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang digunakan oleh bagian
pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat lunak yang menjadi
fokus perhatiannya. Banyak perusahaan non-teknologi, seperti pada industri
keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem Teknologi Informasi dan
perusahaan tersebut sangat berperan penting, walaupun tidak terpapar langsung
oleh konsumennya.
Jadi,
kesimpulan yang dapat diambil menurut saya, Manajemen Layanan Sistem Informasi
adalah suatu metode yang memfokuskan pada konteks dan persepsi konsumen dalam
layanan Sistem Informasi dan metode tersebut menangani masalah tentang
karakteristik yang ada pada manajemen sistem informasi.
2. Manfaat Manajemen Layanan Sistem Informasi
Berikut
adalah manfaat Manajemen Layanan Sistem Informasi bagi Lingkungan Sekitar:
1.
Menambah kecepatan akses/aksesibilitas data yang tersaji
tepat waktu dan akurat bagi para pengguna Manajemen Layanan Sistem Informasi
tersebut tanpa adanya suatu perantara sistem informasi.
2.
Menjamin tersedianya keterampilan dan kualitas dalam
memanfaatkan sistem informasi secara baik dan benar.
3.
Mengidentifikasikan kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan
pendukung sistem informasi.
4.
Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
5.
Memudahkan untuk
mengidentifikasi kebutuhan yang kita butuhkan dan juga yang akan menerampilkan
pendukung dalam sistem informasi. Hal ini memudahkan kita dalam pengerjaan
dan juga memudahkan dalam kita untuk keterampilan dalam sistem informasi
tersebut.
6.
Organisasi yang akan
menggunakan sistem informasi sebagai untuk mengelolah banyak transaksi yang
kita butuhkan , mengurangi biaya atau menghemat biaya dan juga bisa
menghasilkan banyak pendapat untuk mereka semua. Maka dari itu kita semua akan
merasa lebih mudah dalam mengerjakan apapun dengan layanan sistem informasi
Jadi, kesimpulan yang dapat diambil menurut saya, manfaat Manajemen Layanan
Sistem Informasi dalam lingkungan sekitar adalah untuk mempermudah masyarakat
dalam menggunakan layanan sistem informasi yang nantinya akan digunakan dalam
persaingan antar bisnis suatu perusahaan.
SUMBER
Komentar
Posting Komentar